Monday, March 19, 2012

Ruang

Secara fungsional ruang dapat diartikan sebagai tempat, wilayah, ataupun wadah yang dapat menampung sesuatu atau bias diartikan ruang merupakan wadah seseorang atau banyak orang untuk melakukan kegiatan. Berikut ini beberapa pengertian dan definisi ruang :

a. Ruang adalah seluruh permukaan bumi yang merupakan lapisan biosfer, tempat hidup tumbuh-tumbuhan, hewan, dan manusia.(Jayadinata, 1992)

b. Ruang adalah wadah yang meliputi ruang darat, ruang laut, dan runag udara, termasuk ruang yang di dalam bumi sebagai satu kesatuan wilayah, tempat manusis dan makhluk lain hidup, melakukan kegiatan, dan memelihara kelangsungan hidupnya.(UU No. 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang)

c. Ruang merupakan suatu kuantitas mutlak yang ada tanpa memperhatikan keberadaan atau distribusi materi dalam semesta.(Newton)

d. Ruang merupakan suatu abstraksi baru dalam kajian modestist, dimana ruang tidak hanya mengandung pengertian yang fisik, namun juga abstrak dan simbolis.(Koeswinarno)

Ruang memiliki makna yaitu :

- Ruang sebagai sumber daya

- Ruang sebagai tempat tinggal hidup/habitat

- Ruang sebagai lokasi, situs, kedudukan

- Ruang sebagai simbolis

Eksistensi ruang dalam perspektif geografi dapat dipandang dari struktur (spatial structure), pola (spatial pattern), dan proses (spatial process).(Yunus, 1997). Ruang memiliki 2 dimensi, yaitu isi dan jarak.

No comments:

Post a Comment