Monday, March 19, 2012

Analisis Struktur Tata Ruang Wilayah

Berdasarkan kesesuaian lahan dan arahan penggunaan lahan, dapat dilihat wilayah yang mempunyai potensi aglomerasi aktivitas ekonomi. Adanya potensi aglomerasi tersebut dan dengan mempertimbangkan jarak dan ketersediaan sarana prasarana yang memungkinkan adanya interaksi antar wilayah produksi dan wilayah distribusinya. Selain itu, kebijakan pemerintah dalam pengembangan pusat-pusat aktivitas di Papua Barat, seperti yang ditunjukkan dalam RTRW Pulau, memungkinkan pusat-pusat aktivitas saat ini untuk dikembangkan secara terstruktur agar tercapai keseimbangan dan optimalitas interaksi antar wilayah dan pengembangan pusat-pusat aktivitas sebagai pusat pertumbuhan baik pada kawasan perkotaan maupun kawasan sentra produksi.

Analisis struktur tata ruang dimaksudkan untuk mengidentifikasi struktur pemanfaatan ruang yang ada di Papua
Barat. Berdasarkan analisis ini, diharapkan dapat diperoleh masukan bagi perumusan konsepsi dan struktur tata ruang Provinsi Papua Barat sesuai dengan materi yang diarahkan dalam Pedoman Penyusunan RTRW.


Di dalam analisis ini, tercakup penelaahan terhadap pola pusat-pusat permukiman (system kotakota), sistem jaringan prasarana perhubungan, serta wilayah-wilayah strategis.

No comments:

Post a Comment